Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Kanker tulang jarang terjadi. Benjolan pada tulang tidak selalu merupakan kanker jika mereka tidak menjalar ke bagian lain. Kanker tulang terjadi saat muncul pertumbuhan sel yang tidak terkendali di bagian tulang dan menghancurkan tulang normal. Sel kanker kemudian menjalar dari tulang tersebut ke bagian lain atau dengan kata lain metastasis. Kanker tulang memiliki jenis-jenis tersendiri berdasarkan jenis selnya. Tipe kanker tulang yang paling umum terdiri atas 3 tipe yakni :

1. Osteosarcoma

Merupakan jenis kanker tulang yang paling umum. Kondisi yang terjadi yakni sel kanker memproduksi tulang yang menumpuk bagian dalam tulang normal. Osteosarkoma lebih sering terjadi pada anak-anak dan remaja di bagian tulang tangan dan kaki. Pada kasus langka, osteosarkoma dapat terjadi di luar tulang tulang dan disebut ekstrakeletal osteosarkoma.

2. Chondrosarcoma

Tipe chondrosarcoma merupakan kasus kanker tulang no 2 tertinggi setelah osteosarcoma. Biasa terjadi pada usia 40 hingga 70 tahun. Pada Chondrosarcoma, sel kanker muncul dari bagian tulang rawan. Bagian yang sering terjangkit osteosarcoma yakni tulang panggul, pelvis, lengan, tangan, dan bahu.

3. Ewing Sarcoma

Biasa terjadi pada tulang pelvis, kaki, dan lengan anak-anak serta remaja usia 5 sampai 20 tahun. Ewing sarcoma bisa juga terjadi di lapisan tisu tulang.

Faktor Penyebab Kanker Tulang

pexels.com

Beberapa faktor berikut dapat menjadi penyebab seseorang mengalami kanker tulang:

1. Pengobatan Kanker

Kanker tulang lebih sering terjadi pada mereka yang telah melakukan radiasi, transplantasi stem cell, atau obat kemoterapi tertentu untuk pengobatan kanker.

2. Penyakit Keturunan

Beberapa kanker tulang juga diturunkan lewat gen seperti sindrom li fraumeni dan retinoblastoma atau kanker mata. Jika seseorang merupakan keturunan dari pasien kanker tulang, resiko mereka untuk mengalami kanker tulang juga tinggi.

3. Paget’s disease

Merupakan penyakit gangguan pada proses regenerasi tulang. Kondisi ini juga meningkatkan resiko seseorang terkena kanker tulang.

Gejala Kanker Tulang

Beberapa gejala dari kanker tulang yakni:

  1. Rasa sakit di bagian tulang yang terus menerus dan semakin parah saat malam
  2. Pembengkakan serta kemerahan (inflamasi) pada sekitar tulang yang sakit. Menyebabkan kesulitan untuk bergerak.
  3. Adanya benjolan yang terlihat pada tulang
  4. Tulang melemah hingga terjadi retakan
  5. Kelelahan
  6. Berat badan menurun

Bentuk Diagnosa Kanker Tulang

pexels.com

  1. X-Rays
  2. CT Scan
  3. MRI Scan
  4. PET Scan
  5. Bone Scan

Pengobatan Kanker Tulang

Treatment atau perawatan untuk kanker tulang bergantung pada jenis kanker serta kondisi keparahan kanker tersebut. Perawatan yang biasanya dilakukan yakni kombinasi dari 3 hal berikut:

  1. Operasi penghilangan bagian kanker
  2. Kemoterapi
  3. Radioterapi

Selalu konsultasikan ke dokter jika merasa mengalami gejala-gejala tersebut. Dokter terkadang jakan mengambil sampel darah atau melakukan biopsi untuk mendapatkan diagnosa.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber:

MayoClinic. (2020). Bone Cancer. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/bone-cancer/ (diakses pada 11 April 2021)

NHS. (2018). Bone Cancer. https://www.nhs.uk/conditions/bone-cancer/ (diakses pada 11 April 2021)

WebMD. (2020). Bone Cancer. https://www.webmd.com/cancer/bone-tumors (diakses pada 11 April 2021)

CategoryArtikel
Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2021 - Klinik Semper support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 4400902