Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Jamur tiram juga termasuk sumber antioksidan yang tinggi. Berbagai vitamin, mineral, dan nutrisi ini memberikan banyak manfaat jamur tiram untuk kesehatan bila dikonsumsi.

Jamur tiram memiliki nama latin Pleurotus ostreatus. Berdasarkan ahli akupunktur Christopher Hobbs, jamur tiram telah digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok sejak 3.000 tahun lalu.

Berikut ini manfaat jamur tiram untuk kesehatan yang dipercayai:

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Berdasarkan studi yang dipublikasikan di Journal of Traditional and Complementary Medicine pada tahun 2015, jamur tiram dipercaya dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh untuk melawan berbagai virus, bakteri, dan infeksi yang menyerang tubuh.

Jamur tiram juga memiliki kandungan beta glukan dan antioksidan untuk merangsang fungsi kekebalan tubuh. Kandungan tersebut juga berfungsi untuk mencegah radikal bebas yang menyebabkan kesukan sel dan stres oksidatif pemicu berbagai penyakit serius termasuk kanker.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan di Journal of Physiology and Biokimia pada 2013, jamur tiram dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Penelitian tersebut dilakukan pada hewan tikus yang diberi ekstrak jamur tiram selama 7 hari. Hasilnya adalah kadar antioksidan pada tikus tersebut meningkat dan berpengaruh pada penurunan kadar kolesterol dan trigliserida.

Berdasarkan penelitian pada hewan lainnya yang diterbitkan dalam Mycobiology Journal, suplemen jamur tiram dapat mengurangi hingga 37% kadar kolesterol dan mengurangi 45% trigliserida pada tikus.

Manfaat jamur tiram untuk menurunkan kadar kolesterol ini juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Walaupun demikian, belum ada penelitian ilmiah yang dilakukan pada manusia.

Baca juga : Tips Meringankan Nyeri Haid Pada Anak

  1. Mengurangi Risiko Kanker

Penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Oncology pada 2008 menyampaikan bahwa ekstrak jamur berpotensi mengandung efek anti kanker untuk mencegah pertumbuhan dan penyebaran sel-sel kanker termasuk kanker payudara dan kanker usus besar.

Studi lain yang dipublikasikan dalam International Journal of Medicinal Mushroom pada tahun 2011 mengungkapkan bahwa extrak jamur tiram memiliki kandungan yang dapat mengaktifkan sel-sel kekebalan tubuh tertentu untuk mencegah pertumbuhan tumor.

Efektivitas ini juga dikaitkan dengan kandungan beta glukan dalam jamur tiram yang berperan sebagai antioksidan kuat yang mencegah radikal bebas pemicu kanker.

  1. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Jamur tiram mengandung vitamin D. Vitamin D adalah vitamin yang berperan dalam kesehatan tulang, namun kekurangan vitamin D juga dikaitkan dengan penyakit jantung dan risiko tekanan darah tinggi atau yang disebut juga dengan hipertensi.

Penelitian lain masih dibutuhkan untuk menganalisis hubungan antara vitamin D dan tekanan darah, namun sebagian orang percaya bahwa jamur tiram dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

  1. Mengurangi Efek Peradangan

Nutrition Journal telah mempublikasikan sebuah penelitian tentang sifat anti peradangan di dalam jamur tiram yang efektif untuk meringankan banyak penyakit peradangan seperti rheumatoid arthritis hingga penyakit radang usus.

Penelitian lainnya juga menyebutkan bahwa jamur tiram mengandung salah satu jenis asam amino ergothioneine yang juga berperan sebagai anti peradangan atau anti-inflamasi.

Kandungan beta glukan dan antioksidan juga berpengaruh untuk membantu tubuh mengurangi efek peradangan yang dikaitkan sebagai pemicu berbagai penyakit sistemik termasuk demensia dan diabetes.

Itulah 5 manfaat jamur tiram untuk kesehatan, semoga bermanfaat untuk kita smeua.

source: doktersehat.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2020 - Klinik Semper support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 4400902